Sewajarnya suatu perusahaan ingin menarik konsumen sebanyak-banyaknya agar membeli barangnya atau produknya.
Salah satu cara untuk kegiatan tersebut adalah dengan membuat kemasan atau packing produks yang dapat menimbulkan kesan artistik dan menarik konsumen. Tentunya untuk membuat itu tidak terlalu mudah, tetapi memerlukan prosedur dan perencanaan yang baik, baik dari segi bentuknya, tulisannya, dan gambarnya.
Untuk menjawab persolan ini, maka kita harus mengapresiasikan bagian ilmu seni rupa yang dinamakan “ DESAIN PRODUKS “.
1. Apa itu Desain Produks.
Desain Produks adalah hasil karya seni perpaduan antara seni rupa tiga dimensi dan gambar bentuk, sehingga membentuk satu kesatuan bentuk sesuai dengan fungsinya dan menarik.
Gambar Bentuk adalah gagasan bentuk yang diwujudkan diatas bidang gambar melalui kemahiran tangan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang dibuat dengan memperhatikan ketepatan bentk, komposisi, proporsi, sehingga menghasilkan karya yang indah.
Seni Rupa Tiga Dimensi adalah seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi sehingga berbentuk bangun atau ruang ( volume ). Bangun atau ruang tersebut dapat berbentuk kubistik, silindris, atau bebas ( tanpa bentuk ).
Dasar dari desain produks adalah gabungan dari kedua seni rupa tersebut.
2. Fungsi Desain Produks.
a. Mengutamakan fungsu pakai produks tersebut.
b. Mempunyai nilai “ arts “ sehingga menarik bagi konsumen.
c. Limbahnya dapat dipakai sebagai hiasan dinding, dengan polesan ketrampilan tangan sedikit.
3. Contoh Desain Produks.
a. Kemasan parfum.
Desain produks dari gabungan bentuk bebas ( tanpa bentuk ) dengan gambar bentuk.
b. Kemasan obat ( kapsul ).
Desain produks dari gabungan bentuk kubistik dengan gambar bentuk.
c. Kemasan kosmetik.
Desain produks dari gabungan bentuk silindris dengan gambar bentuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar