Kamis, 07 Maret 2013

MELUKIS.



Melukis atau menggambar merupakan suatu kegiatan menggabungkna semua komponen-komponen seni lukis yang mendukung terbentuknya karya seni lukis, baik dalam bentuk ilustrasi, ekpresi, perpektif, dll, sebagai ungkapan persaan seorang seniman dalam satu kesatuan hubungan yang sinergis sehingga terwujud karya yang baik.
Komponen-komponen pendukung seni lukis itu adalah unsur, bentuk , prinsip dan gaya. Dengan demikian suatu bentuk karya seni rupa, merupakan kumpulan dari beberapa unsur seni rupa ( garis, bidang, tekstur, gelap terang, warna, dan ruang ), serta satu bentuk ( dua dimensi atau tiga dimensi ), satu prinsip, dan satu gaya ( tradisional, modern atau postmodern ). Tetapi kemungkinan dengan pandainya dan piawainya seorang seniman dalam berimajinasi, maka  bisa menggabungkan beberapa prinsip, bentuk dan gaya   dalam satu karya seni, sehingga hasil karyanya akan lebih menarik.

Contoh :

 
   Kalau kita apresiasi lukisan diatas , maka terlihatlah :
  1. Semua unsur seni rupa tercaver didalamnya
  2. Satu gaya, yaitu tradisional klasik.
  3. Satu prinsip, yaitu selang-seling.
  4. Satu bentuk, yaitu dua dimensi.

Artinya:
-          Semua unsur seni rupa ( bidang, komposisi, proporsi, gelap terang, dan pewarnaan ) masuk didalamnya
-          Prinsip, gaya dan bentuk, cuma satu pilihan, yaitu prinsip selang-seling, gaya tradisional klasik, dan bentuk dua dimensi.

NB: untuk menambah daya keindahan, pelukis dapat mengekspresikan beberapa gaya, prinsip, dan bentuk, sehingga lebih kreatif dan imajinatif.

Melukis merupakan suatu kegiatan yang bertujuan, baik untuk mengenalkan : mitologis, religius, edukasi, psikologis, ekspresi personal, praktis, sosial, ekonomis, komunikatif, dan budaya.  Karakteristik sifat utama seni lukis  adalah sebagai objek maupun wahana pengembangan kreativitas, bersifat terbuka dan bebas, mengakomodasi pembaharuan dan berbagai kecenderungan praktek seni rupa yang pluralistik serta dipengaruhi kondisi dan situasi sosial-politik dan budaya. Sifat khusus lainnya dari seni lukis  adalah sifat relatif atau tidak absolut. Dengan kata lain pengertian melukis seperti halnya seni bersifat majemuk, dinamis, bergerak bebas. Konsep melukis berkembang sejalan dengan kehidupan masyarakat yang terus berkembang,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar